editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Senin, 01 Maret 2010

Sumpah setia aqobah I

@ usai isro' mi'roj, seolah Nabi menapaki fase dakwah baru. Sejenak sebelum isro', nabi menikahi putri sang sahabat, Abu bakar assidiq, bunda aisyah, atas petunjuk dari wahyu. Sebelumnya pun,sekelompok jin dari daerah Nasibin (sekarang masuk wilayah Turki,red) menyatakan diri masuk Islam.

@ akhir tahun 12 kenabian, atau 2 tahun sebelum hijrah, tepatnya pada musim haji,datang kembali utusan delegasi yatsrib, kali ini 12 orang, 5 di antaranya adalah yang menemui beliau pada tahun sebelumnya. Nabi menemui mereka di lembah mina,tepatnya di aqobah. Dan terjadilah sumpah setia, bai'ah aqobah, pada malam itu. Nabi membaiat mereka untuk tidak mensekutukan Allah dengan sesembahan apapun, untuk tidak mencuru, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak mereka, tidak untuk berbohong, dan tidak membangkang perintah kebaikan beliau. Dan kedua belas orang wakil seluruh penduduk yatsrib tersebut menyatakan sanggup atas baiat yang diajukan Nabi.

@ dan saat musim haji berakhir, serta rombongan jamaah dari yastrib hendak kembali ke negeri mereka, Rosul mengirim Mus'ab bin Umair bersama mereka, untuk berdakwah mengajar tentang islam sekaligus mengajak yang belum memeluk islam.

@ di madinah, mus'ab bertempat di rumah as'ad bin zuroroh. Di tangannya pula, masuk islam dua kepala suku Aus dan Khozroj؛ sa'ad bin mu'adz dan sa'ad bin ubadah. Yang dengan sebab keislaman 2 tokoh ini, hampir seluruh penduduk yatsrib masuk islam,hanya beberapa rumah saja yang belum.

@ tempat dakwah baru telah menanti Nabi, bertahun-tahun Nabi begitu gigih menawarkan Islam pada suku-suku di semenanjung arabia, dakwah beliau tertolak di thaif, bahkan di kota tercinta sendiri, ternyata tanpa diperkirakan sebelumnya, dakwah beliau diterima oleh salah satu kota yang juga diperhitungkan dalam dunia perdagangan bangsa arab pada masa itu, yaitu yatsrib. Hanya tinggal menunggu waktu saja bagi nabi untuk memulai menyebarkan islam dengan sistem baru dari kota yang penduduknya terkenal ramah dan bersahabat itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar