editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Senin, 01 Maret 2010

Bibit dakwah baru

@ kebelum suksesan dakwah di thaif,tidak menyurutkan semangat Nabi. Beliau selalu mencari kesempatan bagus untuk menyebarkan Islam,dan momen yang selalu beliau tunggu adalah musim haji.

@ saat musim haji,hampir seluruh suku arab berdatangan,mulai dari yaman sampai syam dan irak. Nabi begitu semangat mengajak mereka mengesakan Allah, dan mulai tahun ni beliau juga meminta mereka untuk mendukung dan melindungi dakwah beliau. Di antara suku-suku besar yang beliau datangi adalah : amir bin sha'sha'ah,muharib, fazarah,ghassan,hanifah,dan lain-lain. Namun tak satupun dari mereka mempedulikan seruan nabi.

@ hanya sebagian individu saja menerima ajakan Nabi,di antaranya : abu dzar al-ghifari,thufail bin amru dari suku daus, dhimad dari suku azd,dan lain sebagainya.

@ apakah quraisy diam saja? Sama sekali tidak,mereka gencar menyebar propaganda mengatakan bahwa Muhammad adalah sosok berbahaya yang patut diwaspadai. Bahkan pamanya, Abu Lahab,tega membohongkannya di depan umum,dan selalu membuntuti Nabi kemanapun pergi, dan memperingatkan suku yang barusan didatangi nabi untuk berhati-hati.

@ namun kegigihan dakwah beliau akhirnya membuahkan hasil. Benih keberhasilan telah nampak. Saat beliau berada di lembah aqabah,beliau bertemu dengan 6 pemuda dari suku khazraj,madinah,dan menawarkan islam. Anehnya,mereka semua seketika beriman,ternyata mereka telah mendengar dari sekutu mereka,yahudi madinah,bahwa Nabi akhir zaman akan diutus dan akan keluar. Bahkan bangsa yahudi mengancam suku khazraj,jika Nabi itu telah muncul.maka mereka akan memerangi seluruh suku Arab sampai musnah,dan bangsa yahudi akan jadi pengikutnya.

@ maka tatkala Nabi menawarkan Islam,segera mereka menerimanya,agar tidak kedahuluan bangsa yahudi. Saat mereka kembali ke madinah,segera mereka memberi tahu kaumnya tentang telah munculnya nabi terakhir. Nama Islam segera populer..tak satupun rumah di suku khazraj dan Aus,kecuali nama islam dan nama nabi selalu menjadi topik utama pembicaraan mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar