editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Senin, 01 Maret 2010

Isro' mi'roj

¤ Usia 51..senin, 27 Rajab, 2 S.H/ 621 M

@ 12 tahun sudah beliau diutus menjadi Nabi. Berbagai liku dinamika dakwah menyebarkan Islam beliau lewati. Berbagai halangan,rintangan,hinaan,ejekan,serangan; beliau rasakan bersama segenap sahabatnya.. Suka duka beliau rasakan.. Kesabaran yang tiada banding.. Kesedihan bila teringat sang istri terkadang masih menyeruak di benak beliau.. Hingga tiba saatnya Tuhan Yang Mengutusnya memberi sang kekasih penghibur atas segala lara dan duka itu..

@ malam yang senyap, saat itu,beliau tidur di salah satu rumah sepupunya. Dan tanpa ada perjanjian sebelumnya,tiba-tiba datang 2 malaikat,jibril dan mikail. Membawa beliau ke masjidil haram,dan berhenti di hijr ismail samping ka'bah. Dan mengulang kembali proses yang pernah beliau alami saat usia 4,10 dan sejenak menjelang jadi Nabi,yaitu operasi pembelahan dada beliau dan prosesi penyucian hati beliau dengan air zamzam.. Usai operasi,2 malaikat tadi mengajak beliau naik sebuah kendaraan bernama Buroq.. Perjalanan malam hari,isro', telah di mulai.. Dengan tujuan yerusalem.. Masjidil aqsho,tempat seluruh Nabi berkumpul menunggu kehadiran beliau..

@ banyak hal beliau lihat dalam perjalanan itu, beliau juga melewati tempat-tempat bersejarah,dan menunaikan shalat 2 rakaat di tempat-tempat itu. Yastrib, tursina, betlehem.. Hingga akhirnya beliau sampai baitul maqdis dan mengimami seluruh Nabi dan Rosul yang datang ke tempat itu dengan Roh dan Raga mereka. Pesan simbolis bahwa beliau adalah pemimpin seluruh Utusan dan Orang-orang kepercayaan Allah ta'ala..

@ usai itu,beliau melakukan perjalanan yang lebih sakral lagi. Naik,mi'raj menuju Langit.. Menembus 7 langit,bertemu dengan para Nabi penghuni 7 lapisan itu. Adam di langit pertama, Isa dan Yahya di langit kedua, Yusuf di langit ketiga, Idris di langit keempat, Harun di langit kelima, Musa di langit keenam, dan Ibrahim di langit ketujuh. Sebelum jibril melepas beliau sendirian di sidratil muntaha,tempat beliau melihat jibril dalam bentuk aslinya. Lalu menuju mustawa, tempat bertemu deng Sang Pencipta Alam semesta, di tempat itu beliau bermunajat,berkomunikasi langsung dengan Allah ta'ala. Tempat beliau menerima perintah kewajiban shalat 5 waktu..

@ setelah itu,beliau turun lagi ke tempat beliau berangkat. Masjidil aqsha.. Dan pulang ke Mekkah.. Pertanda bahwa mandat kenabian berpindah dari tangan bangsa israel kepada bangsa Arab. Namun,sebagai manusia,kebingungan sempat beliau alami,apa yang akan disampaikan pada kaumnya tentang perjalanan ini? Perjalanan yang sangat fantastis ! Hanya 1 malam ! Padahal perjalanan biasa memakan waktu 1 bulan. Apa juga nanti komentar kaumnya? Terutama begundal-begundal quraisy itu.. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar