editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Sabtu, 07 November 2009

Masa remaja Nabi

@ awal-awal masa remaja beliau lewati dengan menggembalakan kambing-kambing milik beberapa ahli Mekkah. Dan tak ada seorangpun Nabi,kecuali mereka sebelumnya pernah menggembalakan kambing. Beliau lakukan itu dengan menerima upah beberapa keping uang dari para pemilik domba-domba itu. Bagi beliau,dengan menggembala adalah kesempatan untuk menyendiri dan menghindar dari hiruk pikuk kota mekkah, sekaligus merenung. Beliau membenci tatacara ibadah orang Quraisy yang menyembah berhala. Beliaupun tidak suka melihat masyarakatnya tenggelam dalam minuman keras,dan keterpurukan moral.

@ namun sempat juga terlintas di hati nabi muhammad remaja,untuk melakukan apa yang dikerjakan para pemuda. Dengan berkumpul pada malam-malam sembari mengobrol,bercanda,dan mendengarkan penyanyi mendendangkan lagu.

@ beliaupun bilang pada teman gembalanya bahwa malam itu beliau ingin datang ke tempat perkumpulan pemuda,beliau titipkan kambing-kambingnya pada temannya itu.

@ beliau pun pergi dan menuju ke arah salah satu klub malam di kota Mekkah,dari kejauhan telah terdengar nyanyian dan tetabuhan,beliau sempat terpukau dengan suara indah nyanyian itu.

@ akan tetapi Alloh menjaganya,tiba-tiba beliau mengantuk dan jatuh tertidur sampai panasnya sinar matahari yang membangunkan beliau.

@ beliau belum puas,besoknya kembali melakukan hal yang sama. Namun lagi-lagi kejadian yang sama terulang,beliau tertidur lagi. Dan sejak itu,beliau tidak berniat mengulangi lagi,dan tak terlintas keinginan melakukan tindakan masyarakat jahiliyah.

@ dan ketika mendekati usai 20-an tahun,beliau berpindah jalur dan terjun ke dunia perniagaan dan perdagangan. Teman karib beliau sesama pedagang adalah Sa-ib bin Abi Sa-ib al-makhzumi.

@ dan beliau S.a.w terkenal di kalangan masyarakat dengan kejujuran kata-katanya, amanahnya,juga ketinggian budi pekertinya. Semenjak usia remaja,beliau telah menyandang gelar (al-amien),yang bisa dipercaya. Dan gelar itu juga panggilan keseharian beliau, shollallahu Alaihi wa sallam

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum.wr.wb
    mau tanya, apa rosululloh pernah mngalami masa2 pubertasi (sprti mnyukai kpd lwn jnis)pd saat remaja??

    BalasHapus