editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Rabu, 20 Januari 2010

migrasi ke abbesinia

@ melihat deraan pedih yang dialami para sahabatnya demi mempertahankan keyakinan yang mereka peluk, akhirnya Rosul memerintahkan mereka untuk berhijrah, mencari tempat yang aman dan tenang untuk menjalankan ritual ibadah mereka. Beliau S.a.w mengarahkan sahabatnya untuk berpindah menuju habasyah (abbesinia) * , sebuah kerajaan kristen di afrika timur, seraya berkata : "di negara itu, ada sumber untuk hidup dan keleluasaan, juga raja yang adil yang tak akan menyerahkan kepada siapapun orang yang meminta suaka padanya".

@ dan Rosul telah mengetahui, bahwa raja habasyah, Negus Ashama, adalah raja yang adil, tak ada orang yang terdzalimi olehnya. Maka segera berhijralah sekitar 12 pria dan 4 wanita, di bawah pimpinan menantu beliau, utsman bin affan, beserta istrinya, bunda ruqoyyah, putri Rosul, mengarungi lautan demi mempertahankan agama yang mereka peluk.

@ akan tetapi quraisy mengendus pergerakan ini, dan mereka tahu beberapa orang telah bergerak meninggalkan makkah. Segera mereka mengejar rombongan utsman. Akan tetapi mereka terlambat, saat sampai pantai, rombongan utsman bin affan telah berangkat menyeberangi laut merah, menuju habasyah.

@@@@@

@ suatu hari, sesaat setelah keberangkatan sahabatnya. Nabi keluar ke masjidil haram, saat itu sebagian besar dari mereka sedang beerkumpul. Nabi mengejutkan mereka dengan membacakan surat An-najm. Mereka hanya terpaku, terpana dengan keindahan kata al-qur"an, apalagi orang-orang quraisy terkenal sebagai sastrawan bangsa arab dengan citarasa bahasa tinggi saat itu. Mereka hanya menganga dan terpana, dan saat nabi sampai akhir surat, tak ada satupun orang yang mampu menahan dirinya untuk tidak bersujud. Semuanya serentak sujud tanpa mereka sadari.

-----------------------
*) habasyah sekarang terbagi menjadi 3 negara; ethiopia, somalia, dan eritrea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar