editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Rabu, 20 Januari 2010

berita tak jelas

@ kabar bahwa orang-orang kafir Makkah bersujud setelah Rasul membaca surat annajm, ternyata sampai juga ke para sahabat yang berada di habasyah. Hanya saja kabar yang mereka terima versinya agak berbeda, hingga mereka mengira jika penduduk Mekkah telah memeluk islam secara keseluruhan. Sebagian dari para sahabat itu menelan mentah-mentah begitu saja berita itu, dan memutuskan untuk pulang kembali ke Mekkah.

@ setelah dekat Makkah, kenyataan yang sebenarnya baru mereka ketahui. Tak satupun di antara sahabat yang masuk ke mekkah lagi kecuali melalui perlindungan kerabatnya atau sembunyi-sembunyi. Dan semenjak itu, tekanan serta siksaan musyrikin makkah semakin menggila dan menjadi-jadi.

@ Rosul tidak melihat pilihan lain lagi kecuali memerintahkan para sahabatnya itu untuk berhijrah kedua kalinya ke habasyah lagi. Akan tetapi hijrah kali ini lebih sulit, karena kaum kafir quraisy telah membaca gelagat dan rencana itu. Jalan-jalan keluar kota Makkah diperketat pengawasannya. Akan tetapi Alloh memudahkan perjalanan hijrah sahabat-sahabat nabi tersebut.

@ kali ini, yang berbondong-bondong pindah ke habasyah adalah 83 pria dan 19 wanita, di bawah pimpinan sepupu Nabi, Ja'far bin Abi Tholib. Setiba di Habasyah, mereka diterima dengan hangat oleh Negus Ashama, dan ja'far membacakan padanya beberapa ayat al-qur'an yang memukau raja tersebut dan menyebabkannya memeluk islam, meskipun dia merahasiakan keislamannya dari rakyatnya.

# ###

@ para pembesar quraisy benar-benar gusar dengan keberhasilan orang islam meloloskan diri ke habasyah. Apalagi kali ini dengan jumlah 8 kali lipat dari sebelumnya. Mereka pun mengirim diplomat ulung mereka, Amr bin Ash, kepada Negus Ashama untuk mengembalikan orang-orang muslimin yang berhijrah itu pada mereka. Berbagai hadiah mahal diajukan, tetapi kepentingan itu gagal total, karena Negus menolak menyerahkan saudara-saudaranya itu pada orang kafir Mekkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar