editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Jumat, 25 Desember 2009

Kebingungan quraisy

@ quraisy benar-benar bingung dengan pendirian kokoh Nabi dan para sahabat. Lantas dengan apa mereka mau menjuluki Nabi? Sementara Rosul selalu memanfaatkan momen musim haji untuk menyebarkan risalah Islam, dan menawarkan pada semua suku yang hadir ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji, menurut syariat Nabi Ibrahim alaihis salam.

@ dan tahun ini, 613 M, musim haji telah datang. Kecemasan quraisy memuncak, apa yang harus mereka lakukan untuk menghalangi dakwah Nabi? Segera mereka berkumpul darurat, untuk membahas bagaimana langkah menghalangi antara gerakan Nabi dan jamaah Haji. Berbagai usulan dilontarkan, akhirnya mereka sepakat pada pendapat al-walid bin mughiroh agar mereka satu kata dalam menjuluki Nabi, supaya tidak terjadi kontradiksi yang bisa menggagalkan usaha mereka. Pertama mereka mengusulkan bahwa Nabi itu dukun, tetapi walid menyangkal, bahwa dukun tidak seperti itu. Lalu ada yang mengusulkan gila, seniman, tukang sihir dan sebagainya, namun semuanya mentah, karena memang Nabi tidak seperti itu. Saking bingungnya sampai walid berkata, "sungguh, perkataan muhammad, alqur'an itu, benar-benar indah, kalimatnya manis, sangat sejuk di hati", "dan menurut pendapatku, yang paling dekat adalah penyihir. Ya, kalin harus satu kata, bahwa muhammad adalah penyihir, yang memecah belah antara seseorang dengan keluarganya". Dan atas usulan ini, turun alqur'an surat almuddattsir ayat 11-20 yang mencela walid.

@ mereka pun membagi tugas dan berdiri di jalan-jalan memperingatkan para jamaah haji akan bahaya Muhammad. Sebuah keputusan yang tanpa mereka sadari justru membuat Nabi semakin terkenal di kalangan bangsa arab, dan membuat mereka penasaran, apa yang di bawa beliau sampai orang quraisy menghalangi sekeras itu.

@ di antara orang yang sangat getol memusuhi nabi adalah justru paman beliau sendiri, abdul uzza,atau abu lahab. Dia selalu mengikuti ke mana pun Nabi pergi, dan tega membohongkannya serta memakinya di depan umum.

@ abu jahal (amr bin hisyam) salah satu pemimpin quraisy pun tak kalah sengitnya memusuhi Nabi, dialah penggerak utama semua kejahatan yang menghalangi roda dakwah.

@@@@@

@ sepanjang tahun-tahun itu, pusat pergerakan dakwah Nabi adalah di rumah Arqom bin abil arqom. Sebagai pusat dakwah dan pendidikan pertama dalam Islam, tempat rahasia berkumpulnya para sahabat untuk menerima dan belajar agamanya pada Rosul, juga untuk melaksanakan ritual ibadah. Nabi memilih tempat ini karena berada di lereng bukit shofa yang jauh dari majlis orang quraisy dan tak terjangkau oleh mata intel mereka. Dan pertemuan rahasia itu, berlangsung secara sistematis, terencana dan kontinyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar