editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Jumat, 25 Desember 2009

Dakwah secara rahasia

@ kepentingan dakwah telah dimulai,telah tiba waktu mengajak dan mengarahkan manusia kembali ke jalan yang benar. Membenahi moral yang carut marut,menunjukkan pada umat manusia bahwa hanya ada satu Tuhan yang harus disembah dan tidak dipersekutukan dengan benda-benda tak bernyawa; Alloh Ta'ala. Misi yang berat di tengah kemerosotan kondisi moral hampir di seluruh bangsa di semua belahan dunia, yang telah jauh melenceng dari ajaran tauhid yang dibawa oleh nabi-nabi terdahulu.

@ dan agar tidak mengejutkan penduduk Mekkah,target permulaan dakwah beliau,beliau memulai tugasnya sebagai Rosul dengan rahasia. Pertama tentu yang beliau ajak adalah keluarganya, lalu orang-orang terdekat dan kepercayaan beliau,baik dari keluarganya,ataupun teman-temannya. Beliau ajak mereka untuk masuk Islam.

@ dan merekapun menjawab ajakan Nabi. Maka dari kalangan wanita,yang pertama kali masuk islam adalah sang istri tercinta, bunda Khadijah. Dari kalangan remaja, sepupu beliau, Ali bin Abi Tholib. Dari kalangan laki-laki, sahabat terakrab beliau, Abu Bakr Assidiq. Dan dari hamba sahaya, Zaid bin Haritsah al-kalbiy. Keempatnya masuk islam di hari pertama dakwah. Dan terabadikan dalam sejarah Islam dengan istilah 'As-sabiqun al-awwalun'.

@ tak cuma masuk islam saja,sang sahabat dekat,Abu Bakr pun membantu sahabatnya menyebarkan islam,mengajak teman-temannya memeluk agama baru. Dan usaha dia sukses dengan merengkuh pemuda-pemuda dari kalangan ningrat Makkah,semacam Ustman bin affan, Zubair bin Awwam, abdur rahman bin auf, sa'd bin abi waqqash, tholhah bin ubaidillah,dan Abu ubaidah bin al-jarrah. Mereka adalah angkatan pertama dari agama mulia ini. Dan usaha dakwah Nabi pertama kali ini,dalam tempo yang tidak lama,sekitar 3 tahun,meskipun masih tidak secara terang-terangan,sukses mengislamkan 160 orang.

@ adapun kedekatan beliau dengan Abu Bakr,karena keduanya ada kecocokan dan kesamaan dalam berfikir tentang adat kaumnya yang menyimpan. Abu bakr pun juga tidak menyembah berhala dan minum arak pada era jahiliyah,era pra islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar