editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Jumat, 14 Mei 2010

musuh-musuh Nabi

@ kala di Mekkah,musuh Nabi yang gigih menghalangi laju dakwah beliau adalah kaum paganis,musyrikin mereka,terutama para tokoh-tokoh seluruh klan yang merasa terancam kedudukannya,apalagi Nabi menyampaikan risalah persamaan antar semua manusia,tanpa melihat status. Tentu para pembesar yang tak mau kedudukannya tergeser itu tak mau disamakan dengan budak.

@ mereka sebenarnya tahu dengan pasti bahwa Nabi Muhammad adalah benar,yang dibawanya adalah benar-benar risalah dari langit. Namun ego mereka mencegah mereka untuk beriman,sebagaimana yang dikatakan Abu Jahal,musuh bebuyutan Nabi : "aku tahu dia benar,dan dia memang Nabi. Tapi kami,klan Makhzum,sebelumnya selalu bersaing dalam kebaikan dengan klan Hasyim (keluarga Nabi),lalu saat kami sama-sama dalam satu posisi dan mereka bilang bahwa dari kami ada Nabi? Selamanya aku tak akan tunduk di bawahnya".

@ dan usia hijrah ke Madinah,apakah Nabi telah terbebas dari musuhnya,yaitu kafir Mekkah? Ternyata tidak,sebab musuh beliau semakin bertambah,di samping Musyrik Mekkah yang kini semakin merasa posisi mereka di hadapan bangsa Arab makin terancam. Dakwah Nabi rupanya semakin banyak rintangan.

@ di antaranya adalah orang-orang Munafik Madinah, mereka yang dari luar menampakkan dirinya sebagai muslim,namun dalam hatinya tetap menyimpan kekufuran,musuh dalam selimut,yang lebih berbahaya dari segalanya,di bawah komando Abdullah bin Ubay bin Salul,yang merasa sangat kecewa sebab dia gagal menjadi Raja Klan Aus dan Khazraj,sebab kedatangan Nabi,padahal pelantikannya sebagai Raja hanya tinggal menunggu hari. Kekecewaan itu dilampiaskan dengan selalu mencari kesempatan untuk menyerang dakwah Nabi.

@ Yahudi Madinah, yang tiba-tiba berubah sangat dengki pada Nabi dan Islam,mereka sama sekali tak mengira bahwa Nabi terakhir muncul dari bangsa Arab,prediksi dan semua ramalan mereka menyatakan bahwa Nabi terakhir adalah dari bangsa Israel. Namun kehendak Allah berkata lain. Mereka tahu pasti,terutama para Khakhom dan pendeta yahudi,bahwa Nabi Muhammad S.a.w dengan seluruh tanda yang tercantum di taurat,adalah benar-benar Nabi Akhir zaman,namun rasa iri dan dengki menghalangi mereka untuk iman.

@ pada selanjutnya,mereka lah yang banyak menjadi penyebab dan penyulut peperangan antara kaum muslimin dengan bangsa arab, berbagai usaha spionase dan pembunuhan Nabi mereka rancang,meski semuanya gagal.

@ suku-suku arab pedesaan di sekitar madinah, yang tak mau tunduk pada pemerintahan madinah, dan terprovokasi oleh musyrik Makkah dan Yahudi Madinah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar