editor [Alawy Ali Imran Muhammad] ; ilustrator [Humaira Liatussoliha]

Join to our blog

Senin, 07 Juni 2010

Ekspedisi Kharrar

@ Rosul S.a.w secara berturut-turut mengirim sekelompok pasukan. Setelah sukses dengan dua ekspedisi sebelumnya, kali ini beliau kembali mengirim satu regu pasukan,berkekuatan 20 sahabat di bawah pimpinan Sa'ad bin Abi Waqqash, yang pada ekspedisi sebelumnya,hampir memicu api pertempuran setelah terlebih dahulu melepas panah ke kafilah orang Quraisy Makkah.

@ pasukan kecil ini keluar sembari berjalan kaki dengan kepentingan sama,menghadang kafilah dagang Quraisy. Mereka terus berjalan sampai wilayah Kharrar,dekat Juhfah

@ hanya saja kafilah dagang yang mereka kejar,berhasil lolos sehari sebelumnya. Mata-mata Quraisy memberikan kabar soal keluarnya pasukan itu, dan mereka mempercepat perjalanan sebelum bertemu dengan pasukan Sa'ad bin Abi Waqqash.

AJARAN YANG DISYARIATKAN PADA TAHUN 1 Hijriyah

@ pada tahun pertama hijrah ini,beberapa ajaran disyariatkan, yaitu Khutbah,tata cara Nikah,pengharaman manipulasi timbangan,dan kewajiban puasa 10 asyuro' (sebelum dihapus dan diganti Ramadhan pada tahun berikutnya).

@ pada tahun ini pula, Nabi S.a.w resmi tinggal serumah dengan Bunda Aisyah,putri Abu Bakr,setelah 3 tahun sebelumnya diakad di Makkah

@ Bayi pertama yang dilahirkan setelah Hijrah,adalah Abdullah bin Zubair, yang kelak kiprahnya akan menjadi salah satu catatan tersendiri dalam sejarah Islam.

@ adapun sahabat Nabi yang meninggal pertama kali usai Hijrah,adalah Kultsum bin Hadm,dan As'ad bin Zuroroh,dua tokoh Ansor yang pertama kali menyediakan rumahnya untuk kaum muslimin yang berimigrasi dari Makkah.

@ adapun di Mekkah sendiri,2 tokoh musyrik Makkah,yang begitu memusuhi Nabi, al-ash bin Wa'il dan Walid bin Mughiroh,yang tindak tanduknya terekam abadi dalam al-Qur'an sebagai pelajaran buruk,juga mati menemui ajalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar